Sederet Kegunaan Internet Yang Membantu Pada Saat Ini

Sederet Kegunaan Internet Yang Membantu Pada Saat Ini – Internet adalah sebuah media jaringan virtual yang bisa dihubungkan dan digunakan di berbagai perangkat saat ini. Ini memungkinkan para pengguna untuk mengirim, menerima, mengumpulkan, menyimpan, memperbarui, menghapus, dan banyak operasi data lainnya di seluruh dunia. Penggunaan internet memperluas batasnya setiap hari, karena pertumbuhan teknologi sangat besar. Beberapa penggunaan utama Internet adalah e-commerce, e-learning, berbagi pengetahuan, konektivitas sosial, berbagai media, transfer file, komunikasi, dan lain-lain. Berikut ini adalah penggunaan internet teratas, yang dijelaskan secara rinci di bawah ini:

1. Electronic Mail (email)

Sederet Kegunaan Internet Yang Membantu Pada Saat Ini

Penggunaan utama internet yang pertama adalah Email. Orang-orang memadati Email untuk berbagi informasi, file data, Foto, Video, Komunikasi bisnis, dan file lainnya secara instan dengan orang lain. Ini telah memungkinkan komunikasi yang lebih cepat antara orang-orang dan meningkatkan efisiensi bisnis. Email telah mengurangi penggunaan kertas secara signifikan dan mengurangi beban pada sistem email fisik.

Meskipun alat kolaborasi terbaru lainnya menyediakan banyak fitur yang kaya, mereka tidak dapat mempopulerkan Email, dan masih mengatur komunikasi resmi dan pribadi. Ada banyak situs email gratis yang menawarkan layanan email, dan hampir setiap individu memiliki alamat email dan terhubung melalui email. Konsep email membuka jalan untuk mengembangkan banyak alat inovatif untuk meningkatkan kolaborasi.

2. FTP File Transfer

Ini adalah kasus penggunaan utama kedua untuk internet di masa-masa awal. FTP adalah protokol transfer file yang memungkinkan pertukaran data antara dua pemangku kepentingan melalui media internet dengan cara yang aman. Pertukaran data dapat terjadi antara dua badan usaha atau pelanggan dengan bisnis dan sebaliknya. Biasanya E-mail membatasi ukuran file yang dapat dibagikan, dan juga, tidak aman untuk berbagi data sensitif dan rahasia di seluruh jaringan publik. Konsep FTP masih digunakan sampai sekarang di aplikasi seluler untuk mengunduh file.

3. Search Engines

Mesin-mesin ini menemukan informasi yang dicari, tersedia di server mana pun di seluruh dunia (world wide web). Google, Yahoo, dan MSN adalah mesin pencari terkenal yang digunakan saat ini. Seseorang dapat mencari apa saja di situs ini, dan pertanyaan pencarian dapat dalam format apa pun. Faktanya, Orang-orang sudah mulai menggunakan kata Google sebagai kata kerja generik yang identik dengan pencarian.

4. E-Commerce

Internet memungkinkan penjualan barang dan jasa dalam mode online. Ada banyak vendor platform e-commerce seperti Amazon, Ola yang mengumpulkan beberapa produk/layanan yang tersedia di pasar dan menjualnya melalui portal mereka ke pelanggan. Produk dibeli oleh vendor platform, disimpan di gudang mereka, dikemas dan didistribusikan oleh mereka dengan merek mereka sendiri. Pelanggan mendapatkan diskon yang bagus, dan mereka tidak perlu mengunjungi toko fisik.

5. Online Banking

Disebut sebagai Net banking, memungkinkan melakukan transaksi perbankan dengan nyaman duduk di rumah atau saat mobile. Langkah-langkah di cabang-cabang bank telah turun secara signifikan dengan hampir semua layanan tersedia di perbankan bersih 24×7. Jumlah uang berapa pun dapat ditransfer secara instan melalui fasilitas ini. E-Banking mendukung tagihan Listrik, tagihan Telepon, dan pembayaran layanan lainnya.

6. Transaksi Non Tunai

Sederet Kegunaan Internet Yang Membantu Pada Saat Ini

Pembayaran Tagihan di outlet merchandise melalui kartu debit, kartu kredit, gateway UPI terus meningkat. Sirkulasi uang tunai berkurang dalam sistem sejauh pertumbuhan transaksi ini. Itu tumbuh lebih dari 50% setiap tahun, dan diperkirakan akan tumbuh 10 kali lipat selama 5 tahun ke depan.

7. Pendidikan

Internet menawarkan banyak materi pendidikan tentang subjek apa pun dengan navigasi terstruktur dan fasilitas pencarian. Seseorang dapat mencari bahan bacaan apa saja, dan internet akan mendapatkannya untuk mereka dari server mana pun di belahan dunia mana pun, dan orang tidak perlu pergi ke perpustakaan untuk membaca buku. Mereka yang tidak dapat menghadiri kelas fisik (tatap muka) dapat mengambil kursus online di mana mereka dapat terhubung dengan guru, di belahan dunia lain, dalam mode video dan diajarkan tentang subjek yang didukung alat audiovisual lainnya.

8. Collaboration

Alat obrolan online seperti messenger, Skype, dan alat konferensi video lainnya membantu orang untuk terhubung 24×7 dan melakukan diskusi bisnis dan pribadi tanpa kerumitan. Ini menghindari perjalanan yang tidak diinginkan oleh orang-orang dan menghemat waktu mereka untuk penggunaan yang produktif. Internet juga telah memfasilitasi pekerjaan dari rumah dengan konektivitas tanpa batas ke kantor dan menghindari perjalanan sehari-hari.

9. Social Networking

Internet menghubungkan orang-orang secara online dan memungkinkan mereka untuk membentuk kelompok sosial. Informasi, Ide, pandangan, dan pendapat tentang masalah sosial/politik dipertukarkan. Organisasi politik dan sosial memanfaatkan platform ini dalam mempromosikan kepentingan mereka di antara publik.

Chris Pierce

Back to top